Senin, 09 April 2018

Sumenep Kota Keris

Wilayah Kabupaten Sumenep, merupakan  kota yang kian bertambah banyak memperoleh julukan, mulai dari Kota Batik, Kota Ukir, Kota Sumekar sampai yang terbaru Kota Keris. Julukan yang terakhir tentu tidak lepas dari diresmikannya Desa Aeng Tong-Tong, Kecamatan Saronggi sebagai Desa Keris beberapa waktu lalu.
Konon, di Kabupaten memiliki empu atau pengrajin keris sebanyak 640 orang dan Sumenep juga udah mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai daerah pemilik pengrajin keris terbanyak di dunia.
“Dari jumlah tersebut, memang paling banyak berada di Desa Aeng Tong-Tong Saronggi ini,” terang Bupati Sumenep, Busyro Karim.
Menurut Busyro, hal itu patut dibanggakan, namun tantangan bagaimana semua pihak mampu memanfaatkan keunggulan di bidang keris. Karena eksistensi keris tidak hanya diakui di nusantara, tetapi juga di dunia. “Pada tahun 2005 lalu, PBB telah menetapkan keris sebagai salah satu benda pusaka warisan dunia kategori non bendawi,” ungkapnya.
Ia menceritakan, pada saat itu, ada lima karya budaya Indonesia yang mendapat pengakuan sebagai warisan budaya Dunia dari UNESCO, yaitu wayang, keris, angklung, batik, dan tari saman gayo. “Nah, konsekuensi dari pengakuan UNESCO tersebut, kita memiliki kewajiban melestarikan dan mengembangkan keris agar tetap lestari,” imbuhnya.

Busyro berujar, dari lima karya budaya tersebut, keris adalah warisan budaya paling sulit dipertahankan kelestariannya. Berbeda dengan batik, wayang angklung maupun tari.
Keris memiliki nilau luar biasa sebagai karya agung ciptaan manusia. Selain berakar dalam dalam tradisi budaya dan sejarah masyarakat Indonesia, keris juga memiliki filosofi dan makna kejayaan, keuletan kesabaran keberanian dan keluhuran budi. “Filosofi semacam ini masih sangat relevan diterapkan dalan kehidupan berbangsa saat ini,” tandasnya. 

Jeng Asih, Ratu Pembuka Aura dari Gunung Muria






Info & pemesanan:
Padepokan Metafisika Jeng Asih
Jl. Diponegoro 72, Pati – Jawa Tengah 
Jl. Melawai Raya 17, Blok M – Jakarta Selatan
08129358989 - 08122908585


Tidak ada komentar:

Posting Komentar